Seni Budaya Mandailing

Unknown | 12.02 | 0 komentar

Mengenal Mayarakat Mandailing Natal
Dan Seni Budayanya Part IV                                 


Keberadaan seni buda mandailing sangat erat keadaanya dengan keadaan alam sekitar tempat masyarakat mandailing bermukim dan mencari nafkah, yang pada awalnya masih merupakan rimba raya di lereng bukit barisan. Suara desiran angin, suara riak air sungai, suara hutan terbakar dan suara margasatwa merupakan sumber inspirasi masyarakatnya untuk menciptakan irama musikal. Untuk menghadapi tantangan atau gangguan dari binatan g buas, masyarakat mandaiing membenahi dirinya dengan ilmu beladiri yang dikenal namanya moncak.

Masyarakat mandailing sejak dulu sudah dikenal sebagai masyarakat yang religius, berbudaya dan menjungjung tinggi rasa kekeluargaaan. Hal ini terbukti dengan adanya upacara-upacara dalam rangka mengungkapkan rasa sukur serta mohon berkah dari tuhan yang maha kuasa, adanya tatanan sosial yang mengatur hubungan antara sesama masyarakat.

Pada saat ini kita masih mengenal berbagai seni budaya mandailing, baik berupa seni musikal, tarian, dan moncak yang digelar pada upacara-upacara adat antara lain gordang sambilan, gondang boru, tortor, onang-onang, ende-ende atau sitogol, ungut-ungut dan sebagainya.

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 komentar