Judul Skripsi Jurusan Teknik Informatika
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Persaingan
bisnis yang semakin ketat sekarang ini menuntut perusahaan untuk lebih
memperhatikan pelanggannya, dengan menjaga
dan menjalin hubungan yang lebih baik
dengan pelanggannya. Seperti yang diketahui, bisnis takkan dapat bertahan tanpa
adanya pelanggan. Di samping itu,
perusahaan harus menghadapi kenyataan bahwa kesetiaan pelanggan (customer loyality) lebih penting
daripada pembeliaan ulang pelanggan (customer
retention).
Customer Relationship Management atau
CRM merupakan sebuah pendekatan untuk membangun dan mempertahankan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Begitu juga pada rumah sakit
dapat mempertahankan hubungan dengan pelanggan lamanya tapi juga bisa menarik pelanggan baru. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih
implementasi CRM dapat
dilakukan secara mudah dengan menggunakan Electronic Customer
Relationship Management (E-CRM). E-CRM adalah menggunakan teknologi komunikasi digital untuk
memaksimalkan pelayanan terhadap pelanggan yang sudah ada dan mendorong pemakaian online service secara berkelanjutan.
CRM
yang dilakukan secara elektronik dapat mempermudah interaksi antara perusahaan
dengan pelanggan, karena tidak ada
batasan waktu mengakses internet sehingga informasi akan mengalir secara cepat. Dalam melaksanakan upaya pelayanan kesehatan secara berdaya guna dan
berhasil guna, Rumah Sakit harus mengoptimalkan hubungan dengan
pelanggannya. Adapun strategi dalam mendukung pendekatan pelayanan pelanggan yang memusatkan pada pembangunan hubungan jangka panjang dengan pelanggan yang menambah nilai bagi pelanggan dan perusahaan
itu sendiri adalah Customer Relationship Management (CRM).
RSU CITRA BMC
(Rumah Sakit Umum Citra
Bunda Medical Center) Padang merupakan
suatu
organisasi yang bergerak dalam bidang kesehatan yang mengemban tugas sebagai pusat
pelayanan masyarakat
dan CRM membantu Rumah Sakit Citra BMC Padang dalam mempromosikan rumah sakitnya dan juga
dapat mengoptimalkan pelayanan
kepada pelanggan atau pasiennya.
Berdasarkan
permasalahan tersebut diatas, maka dalam penelitian saat ini peneliti akan
membahas sebuah topik berjudul “ANALISIS DAN PERANCANGAN E-CRM (ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP
MANAGEMENT) PADA RSU CITRA BMC PADANG”.
Category: Kampus
0 komentar