Judul Skripsi Jurusan Teknik Informatika

Unknown | 12.56 | 0 komentar




BAB I
PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang Masalah
Persaingan bisnis yang semakin ketat sekarang ini menuntut perusahaan untuk lebih memperhatikan pelanggannya, dengan menjaga dan menjalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggannya. Seperti yang diketahui, bisnis takkan dapat bertahan tanpa adanya pelanggan. Di samping itu, perusahaan harus menghadapi kenyataan bahwa kesetiaan pelanggan (customer loyality) lebih penting daripada pembeliaan ulang pelanggan (customer retention).
Customer Relationship Man­agement atau CRM merupakan sebuah pendekatan untuk membangun dan mempertahankan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Begitu juga pada rumah sakit dapat mempertahankan hubungan dengan pelanggan lamanya tapi juga bisa menarik pelanggan baru. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih implementasi CRM dapat dilakukan secara mudah dengan menggunakan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM). E-CRM adalah menggunakan teknologi komunikasi digital untuk memaksimalkan pelayanan terhadap pelanggan yang sudah ada dan mendorong pemakaian online service secara berkelanjutan.
CRM yang dilakukan secara elektronik dapat mempermudah interaksi antara perusahaan dengan pelanggan, karena tidak ada batasan waktu mengakses internet sehingga informasi akan mengalir secara cepat. Dalam melaksanakan upaya   pelayanan   kesehatan   secara  berdaya   guna  dan berhasil  guna,  Rumah Sakit   harus  mengoptimalkan   hubungan   dengan   pelanggannya. Adapun strategi dalam mendukung pendekatan pelayanan pelanggan yang memusatkan pada  pembangunan   hubungan  jangka   panjang  dengan   pelanggan  yang menambah  nilai  bagi  pelanggan  dan  perusahaan  itu  sendiri  adalah  Customer Relationship Management  (CRM).
RSU CITRA BMC (Rumah Sakit Umum Citra Bunda Medical Center) Padang  merupakan  suatu  organisasi   yang  bergerak  dalam bidang kesehatan  yang mengemban  tugas sebagai  pusat pelayanan masyarakat dan CRM membantu Rumah Sakit Citra BMC Padang dalam mempromosikan rumah sakitnya dan juga dapat mengoptimalkan pelayanan kepada pelanggan atau pasiennya.
Berdasarkan permasalahan tersebut diatas, maka dalam penelitian saat ini peneliti akan membahas sebuah topik berjudul ANALISIS DAN PERANCANGAN E-CRM (ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) PADA RSU CITRA BMC PADANG”.

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 komentar