Sejarah Mandiling Natal

Unknown | 00.30 | 0 komentar



Mengenal Mayarakat Mandailing Natal Dan Seni Budayanya Part I

Gambar. Peta Mandailing Natal

Dalam kesempatan kali ini saya akan menuliskan Sejarah atapun pengenalan Karakter daerah dan Mayarakat Mandailing Natal, diambil dari Buku yang disusun Oleh Budayawan Mandailing Natal Bapak Erwin Ashari Hasibuan yang berjudul “Mengenal Mayarakat Mandailing Natal Dan Seni Budayanya”.

Mandailing Natal merupakan suatu daerah yang terbentuk dari Mandailing Godang dan daerah pesisir Pantai Natal.

Mandailing
Berdasarkan historisnya, nama Mandiling sudah dikenal pada masa kerajaan Majapahit. Dalam buku Negarakertagama yang ditulis Mpu Prapanca tahun 1365, tercantum nama Mandahilin sebagai suatu kawasan di Nusantara.
Suatu daerah atau negeri terkenal ke masyarakat daerah lain atau bangsa lain disebabkan tiga faktor yaitu: keadaan alamnya, hasil buminya, dan peradaban masyarakatnya.
Masyarakat Mandailing dikenal sebagai masyarakat yang erat hubungan kekerabatannya. Hal ini terllihat dengan adanya lembaga Dalihan Natolu, Yaitu: Mora, Kahanggi dan AnakBoru. Juga masyarakat Mandailing dikenal sebagai masyarakat yang relijius.

Natal
Asal nama Natal menurut Puti Balkis Alisjahbana, adik kandung pujangga Sutan Takdir Alisjahbana, Kata Natal berasal dari dua ungkapan pendek masing-masing dalam bahasa Mandailing dan Minang Kabau. Ungkapan dalam bahasa Mandailing “Na ta rida” artinya yang tampak (dari kaki gunung sorik marapi di Mandailing). Ungkapan ini berubah menjadi “Natar” dan kemudian menjadi “Natal”. Ungkapan bahasa Minangkabau berasal dari kata “Ranah Nan Data (r)” kemudian menjadi “Nata (r)” yang artinya daerah pantai yang datar.

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 komentar